Selasa, 23 September 2014

KOMPONEN – KOMPONEN KURIKULUM SUB TUJUAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Komponen Kurikulum merupakan bagian – bagian yang harus ada dalam kurikulum sehingga kurikulum tersebut dap;at berjalan dan terlaksana dengan baik. Diantara komponen tersebut akan dibahas salah satu diantaranya yaitu : tujuan. Tanpa adanya tujuan , kurikulum tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga terjadi  ketidak sesuaian kurikulum dengan pelaksanaan dilapangan.
Oleh karena itu,  perlu dibahas tentang tujuan dari kurikulum sehingga dalam pelaksannan dapat berjalan dengan baik.

B.     TUJUAN
Tujuan dari tujuan dalam komponen kurikulum ini adalah :
1.      Mewarnai  keseluruhan komp[onen – komponen lainya  dan akan mengarahkan semua kegitan mengajar.
2.      Dengan tujuan dari komponen kurikulum semua komponen dapat terealisasikan dengan baik.
3.       Memudahkan dalam pengembangan komponen yang lain dalam manajemen kurikulum
C.    MANFAAT
Dengan mempelajari tujuan dari komponen kurikulum , manfaatnya adalah :
1.      Mampu mengembangkan pola pikir yang baik dalam merancang semua komponen – komponen dalam kurikulum yang lain.
2.      mampu memahami tujuan dari komponen kurikulum




BAB III
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN      
Tujuan kurikulum peran dengan baik dalam mengacu pada komponen lainya.
Dan mengacu pada tujuan pendidikan nasional yaitu undang – undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem pendidikan nasional . Secara luas, kurikulum adalah suatu alat pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.
Kurikulum menediakan kesempatan pada peserta didik untuk mengalami proses pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional khususnya  dan sumber daya manuisia pada umumnya.
B.     SUMBER –  SUMBER TUJUAN
Sumber tujuan kurikulum sebagai berikut :
1)      Sumber Empiris
Sumber empiris berkaitan dengan pemeliharaan diri secara langsung . pemeliharaan diri secara tidak langsung ( melalui makanan, keamanan , perlindungan dan lain – lain)      
Kurikulum harus ditujukan untuk mendidik siswa pada bidang – bidang yang menjadi tuntutan untuk bisa hidup sukses diluar lingkungan sekolah.
Sumber empiris juga ditujukan untuk mendidik siswa pada bidang – bidang yang menjadi tuntutan untuk bisa hidup sukses diluar lingkungan sekolah.
Sumber empiris juga digunakan sebagai kebutuhan dasar dalam pengembangan kurikulum selama individu diasumsikan sebagaimana apa adanya dan mempunyai pembawaan yang baik serta menjadikan individu sebagai pusat aktivitas pendidikan.
2)      Sumber Filosofis
Sekolah bertujuan mendidik anak agar menjadi manusia yang baik . baik artinya sesuai dengan nilai – nilai , cita – cita atau filsafat yang dianut suatu Negara tersebut . selain itu, filosofis juga digunakan sebagai acuan dalam menganalisis , mengambil keputusan atau berbagai pertimbangan dan merumuskan hasil yang sesuai dengan kondisi yang ada.
3)      Sumber bahan pembelajaran
Sumber bahan pembelajaran merupakan sumber yang digunakan dalam merumuskan tujuan sekolah dan tujuan pembelajaran secara langsung.
C.    TINGKAT TUJUAN
Dalam Permendiknas no. 22 Tahun 2007 dikemukakan tingkat satuan pendidikan:
a.       Tujuan pendidikan dasar adalah : meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan ,kepribadian , akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
b.      tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan , pengetahuan , kepribadian ,akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c.       Tujuan pendidikan menegah kejuruan adalah meningkatkan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
D.    KRITERIA  PERUMUSAN
Tujuan pendidikan nasional ada yang berjangka panjang yang disebut dengan tujuan umum sedangkan instruksional yang berjangka waktu pendek  bersifat khyusus . tujuan khusus dijabarkan dari sasaran – sasaran pendidikan yang umum biasanya abstrak dan luas , sasaran khusus lebih konkrit ,sempit dan terbatas.
Menurut Gage dan Briggs ( Nana, 1988) ada 5 kategori  tujuan , yaitu :
a.       Intellectual skills
b.      Cognitive strategies
c.       Verbal Information
d.      Motor Skills
e.       Attitudes
Sedangkan , menurut Bloom mengemukakan 3 kriteria tujuan , yaitu :
1.      Kognitif
Berkenaan dengan pengenalan dan pemahaman pengetahuan serta pengembangan kecakapan dan keterampilan intelektual .
2.      Afektif
Berkenaan dengan perubahan – perubahan dalam minat ,sikap, nilaio – nilai , perkembangan apresiasi dan kemampuan menyesuaikan diri .
3.      Psikomotor
Berkenaan dengan keterampilan – keterampilan gerak dan keterampilan maniopulatif ( Nana,1988,h.111)
Perumusan tujuan khusus , memilki spesifikasi yaitu :
1.      Menggambarkan apa yang diharapkan dapat ndilakukan oleh siswa dengan :
a.       menggunakan kata – kata kerja yang menunjukkan tingkah laku yang dapat diamati.
b.      Menunjukkan stimulus yang membangkitkan tingkah laku sisiwa.
c.       Memberikan pengkhususan tentang sumber – sumber yang dapat digunakan siswa dan orang – orang yang dapat diajak bekerja sama.
2.      Menunjukkan mutu tingakah laku yang diharapkan dilakukan siswa , dalam bentuk :
a.       ketetapan atau ketelitian respon
b.      kecepatan , panjangnya dan frekuensi respon
3.      Menggambarkan kondisi atau linghkungan yang menujang tingkah laku siswa, berupa :
a.       kondisi atau lingkungan fisik
b.      kondisi atau lingkungan psikologis.

                                                    



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Simpulan yang dapat diambil dari Kurikulum dalam Sub Tujuan adalah sebagai berikut :
1.      Tujuan dari suatu kurikulum sangat penting karena tujuan akan menentukan arah dalam suatu sekolah dan pendidikan itu akan diarahkan kemana.
2.      Tujuan bersumber dari :
a.       Empiris
b.      Filosofis
c.       Bahan pengajaran
3.      Tujuan kurikulum mempunyai lingkaran :
a.       Tujuan pendidikan dasar
b.      Tujuan pendidikan menengah
c.       Tujuan pendidikan menengah kejuruan.
B.     Saran
Demikianlah makalah ini, penulis mohon kritik dan saran ibu dan temen-teman. Akhir kata penulis ucakan terima kasih.




DAFTAR PUSTAKA
Hamalik,oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran . Jakarta : Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaddiah.1988. Prinsip dan Landasan  
Depdiknas.2003. Standar Kompetensi Bahan Kajian : Pelayanan Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Puskur Balitbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar