Rabu, 14 Maret 2012

KU MENGERTI, ENGKAU SLALU BERSAMA KU….

 
Hari ini aku bener-bener bingung musti ngelakuin apa. Semua yang kulakukan seolah-olah selalu salah. Apa ini Cuma perasaanku atau memang kenyataannya, aku nggak tau. Yang pasti aku merasa terkekang dengan keadaan ini. Aku ingin bebas. Aku ingin seperti teman-teman ku, ngerasain indahnya pacaran, berpanampilan mengikuti model yang sedang berkembang. Aku capek harus memakai jilbab yang dalam, makai rok kemana dan nggak lupa juga pake kaos kaki.
            Aku bosan. Hidupku selalu menoton. Jadi akhwat itu membosankan. Nggak ada hiburan, nggak ada yang bisa ku banggakan, yang bisa ku bagi cerita ama temen- temen. Sedangkan mereka slalu bercerita betapa mengasyikkan malam minggunya bersama pasangan, model-model baju yang baru keluar, model rambut yang lage nge-trend ataupun sinetron-sinetron yang lage seru-serunya.

            Di keseharianku, aku hanya menemui Al-qur’an yang setiap harinmya menuntut untuk dibaca, hadist-hadist yang minta dipelajari, atau kitab-kitab lainnya yang nggak mau ketimnggalan untuk minta dipahami. Aku jenuh. Aku ingin berontak. Aku ingin menghabiskan waktu bersama temen-temanku. Aku pengen ikut mereka, ngontrak barenk, hidup sesuka hati dan mengikuti semua yang lage nge-trend.
            Namun kenapa hati ini seolah terikat dengan tempat itu. Tempat yang udah aku anggap seperti neraka. Hati ini meminta aku untuk bertahan yang melanjutkan kegiatanku yang telah aku ikuti selama ini. Tapi pikiranku udah nggak bisa untuk tetap disana. Rasanya terlalu sumpek untuk tetap bertahan.
            Peperangan ini terus terjadi dalam diriku. Setiap saat dan setiap waktu. Aku ingin mengakhiri semua ini. Namun bagemana caranya? Ama siapa aku harus mengadu?
            “Hei, lage ngapain fan ?”
            Kehadiran temanku menghentikan perang bathin yang lage berlangsung untuk sesaat. Aku menyebutnya perang bathin, karena aku nggak tahu kata apa yang tepat aku pakai untuk menyebut kondisi yang ada dalam diriku saat ini.
            “Hei, kamu Yun. Nggak lage ngapa-ngapain nih. Cuma lage suntuk aja.”
            “emang kamu nggak ada kuliah hari ini?”
            “Ada sih, tapi lage malas masuk. Kamu gimana? Kok bisa disini ? nggak ada kuliah?
            “Tunben ustadzah malas kuliah, ha…ha…ha….” Temanku emang selalu suka ngeledekin aku dengan sebutan “ustadzah”. Padahal diriku sendiri, jauh dari sebutan  itu.
            “Lage nggak ada mood buat kuliah.”
            “Ada masalah?”
            “Nggak ko.”
            “tapi nggak biasanya juga lho kamu begini. Cerita donk! Kamu lage jatuh cinta ya?” lage-lage temanku yang satu ini ngeledekin aku. Mentang-mentang dia tahu kalo aku emang nggak punya pacar.
            “Aku bosan tinggal disana.”
            “Kenapa? Kamu ada masalah? Atau jangan-jangan kamu kena tegur lage ya, gara-gara penampilan kamu?”
            “Nggak tuh. Penampilnku oke-oke aja.”
            “terus kenapa?”
            “Aku pengen bebas kayak kalian. Aku juga pengen pacaran. Cariin aku cowo’ donk?”
            “ha…ha…ha…”
            “iihhh aku serius nih.”
            “Kesambet dimana?”
            “Teserah kamu deh mau bilang apa.”
            Tiitt….titttt…tittt….
            Deringan nada handphoneku memutuskan pembicaraan kami. Bergegas kuambil handphone yang biasa kusimpan di tas yang setia menemani setiap langkahku.
            Hallo…Wa’alaikum salam.. ya….iya….aku lagi di campus…..iya…mungkin sore…masih ada kuliah satu lage….iya….wa’alaikum salam.
            “Dari siapa Fan? ngapain?”
            “Biasa lah, nanyain aku pulang jam berapa.”
            “Maklum kok, anak kecil. Kemana-mana harus melapor. Pergi kemana, bersama siapa, dan pulang jam berapa.takut hilang.  Ha…..ha….ha….” lage-lage Yuni ngeledekin aku. Aku bener-bener malu dengan situasi ini. Aku selalu diperlakukan seperti anak kecil.
            “Nggak tahu ya kalo aku masih kecil? Masih 15 tahun lho.”
            “Ha…ha…ha….sok imut deh.”
            “Duuh..udah jam berapa nih” aku menengok jam tangan yang melingkar dipergelangan tanganku “aku harus pergi nih,” aku berlari meninggalkan Yuni yang terbengong sendiri karena ku tinggal gitu aja.

*     *     *

            Pagi ini, males banget rasanya untuk bangun. Badanku pegel semua, kepalaku rasanya berat. Padahal pagi ini aku ada kuliah pukul 07.00. Dengan setengah malas kucoba bangkit dari tidurku, tapi ya ampun, aku nggak bisa buat bangun. Rasanya terlalu berat kepalaku untuk diangkat. Berulang kali kucoba, tapi tetap aja aku nggak bisa. Semua badanku rasanya sakit, kepalaku pusing, rasanya aku nggak kuat untuk bangun. Akhirnya kuputuskan aja buat tidur lagi. Namun bukan berarti aku bisa memejamkan mataku lage lho.tapi aku hanya berbaring. Ya, aku memutuskan untuk nggak masuk kuliah pagi ini dan beristirahat aja dirumah untuk mempersiapkan fisikku juga buat kuliah nanti siang.
            Nggak masuk kuliah entar siang sama aja bunuh diri karena nggak ngikutin ujian tengah semester dasar-dasar manajemen. Apalage mengingat semester pertama nih berpengaruh terhadap perkembangan di semester berikutnya. Tapi apa mungkin aku bisa kuat kalo nggak ada nutrisi yang masuk ketubuhku? Tapi aku juga nggak kuat buat masak. Beli nasi pun, aku juga nggak  ada uang. Di dompetku Cuma ada tiga ribu rupiah. Mau beli apa coba pake uang tiga ribu rupiah dikota ini? Udah gitu, gimana juga aku mau belanja, kalo buat berdiri, apalage berjalan aja aku nggak sanggup? Terpaksa deh pagi ini, ku tahan dulu lapar .
            Deringan nada handphoneku menyadarkan ku dari lamunan. Berusaha kugapai handphone yang kuletakkan agak terjarak dari tempat ku tidur. Langsung kubuka sms yang masuk.
                        Assalamu’alaikum akhwat
                        Kok nggak masuk kuliahnya?
            Ternyata sms dari teman satu yayasanku. Dia memang belom aku kasih tau tentang keadaanku. Aku masih merasa malas untuk memberi tahu ama teman-temanku. Aku ingin memendam penderitaanku hari ini sendirian. Tapi ternyata masih ada teman yang peduli ama aku dan pengen tahu keadaanku. Ternyata aku salah mengartikan kehidupan yang aku jalani. Aku merasa nggak punya teman lagi setelah aku pisah ama teman-teman SMA ku dulu. Bagiku mereka sahabat terbaik yang pernah kutemui. Tiada mereka, aku merasa juga nggak ka nada lage teman-teman yang peduli ama aku.
            Tapi ternyata pandangan aku tuh, Cuma sebuah kekeliruan yang ada dalam keyakinanku. Tapi aku masih menafikkan kalau Allah nggak kan menyia-nyiakan hambanya.  Apa lage semenjak aku kehilangan sesosok laki-laki yang aku yakini sebagai motivatorku, orang yang membawa perubahan dalam hidupku. Orang yang membuatku selalu bersemangat menjalani hari-hariku. Ya, orang menyebutnya kekasih. Tapi aku nggak tahu kata apa yang tepat untuknya menyebutnya.
            Orang-orang sering bertanya jika ada yang pacaran “kapan jadian”. Sedangkan aku ama dia nggak pernah jadian lage setelah kami putus dua tahun yang lalu. Tapi kami masih menjalani hubungan selayaknya sepasang kekasih hingga beberapa minggu yang lewat. Namun kini dia udah memutuskan hubunngan itu setelah dia berada di Bekasi. Aku bener-bener ngerasa kalo aku aku tuh sendiri. Nggak ada lage yang sayang ama aku, dan nggak ada lage yang peduli ama aku.
Tuhan itu nggak adil. Selama ini aku udah ngelakuin apa aja buat laki-laki itu, tapi dia mutusin aku gitu aja. Tanpa dia peduli gimana perasaan aku. Perasaan itu juga yang membuat aku menafikkan kenyataan yang kutemui. Kenyataan  bahwa Allah SWT nggak pernah menyia-nyiakan hambanya.
Tapi aku menerima kalo masih ada teman yang peduli ama aku. Apa lage setelah azan zuhur, Yuni datang bersama temanku yang lain melihat keadaanku dan membawakanku roti bakar. Karena mungkin mereka tahu kalo aku belum makan.
“Sakit apa lu, Fan?” sapaan yang biasa ku pake bersama teman-temanku yang nih. Karena emang beginilah aku. Panggilan akhwat hanya ku pake buat berinteraksi ama teman-teman yang satu yayasan atau sama teman-teman di wisma.
“Nggak tahu nih. Tadi pagi bangun tidur, kepala gua rasanya udah pusing banget. Perut juga sakit nih.”
“udah makan lu? Nih Salsa beliin lu roti baker.”
“Tahu aja sih lu, kalo gue belom makan.”
“makanya dihabisan ya.”
“Kalo soal makanan, tenang aja ntar pasti gue habisan kok, apalage laper gini, kucual bungkusnya aja sih gue tinggalin buat lu.”
“ohh makasih. Baek banget sih lu, tapi mending lu aja deh yang ngabisin beserta bungkusnya. Ha….ha….ha…”
“Sialan. Lu pikir gue apaan? Pemangsa kertas gitu? Mentang-mentang gue lage laper deh.”
“Gitu donk, akui aja diri tuh. Nggak usah sok jaim deh, lu kan mang suka kertas bekas pembungkus. Ha….ha…..ha….”
“Mending lu pada pergi kuliah deh. Gue mau tidur dan makan dulu.”
“Mentang lu udah dapat makanan ya.”
“Iya donk. Itu penrting! Kita-kita juga nggak mau tuh lama-lama disini. Basan kale liatin lu.”
“dari tadi donk lu pergi, gue juga bosan liatin lu.”
“dagh.” Begitulah kelakaranku ama teman-temanku yang ini.
 Satu lage bukti yang menunjukkan kalo Allah nggak kan menyia-nyiakan hambanya. Namun ke angkuhanku kembali menafikkan hal itu. Kehadiran teman-temanku sebagai bukti kesetia kawanan mereka kepada ku. Dan nggak kan percaya kalo Allah nggak kan menyia-nyiakan hambanya. Buktinya Allah memberikan aku penyakit ini, dan udah kewajiban Tuhan donkuntuk mengirimkan orang-orang yang bisa membantuku. Ya, aku emang terlalu angkuh. Angkuh untuk mengakui sebuah kebenaran yang udah ku temui. Tapi keangkuhanku selalu membuatku menafikkannya.

*     *     *

Setelah ujian tengah semester yang nggak bisa aku ikuti siang ini, aku kembali tertidur dan terbangun setelah jam menunjukkan pukul 17.30. namun kumerasa tenaga ku udah mulai pulih. Mungkin karma udah adanya penambahan nutrisi lewat roti bakar yang aku makan siang tadi. Pemberian dari teman-temanku ternyata menjadi obat yang manjur bagiku. Hanya dengan makana yang mereka berikan, kesehatan dan tenagaku bisa pulih kembali, meskipun belum sepenuhnya.
Aku beruntumg bisa menemukan mereka, mendapatkan teman yang perhatian. Kembali aku merasa hal yang aku jalani sekarang sebuah keberuntungan semata atau kadang aku menyebutnya sebuah kebetulan.
“Assalamua’laikum” sapaan dari pintu kamarku menyadarkan ku dari lamunanku.
“Wa’alaikum salam. Oh ukhti. Masuk aja ukhti.”
“bagaimana khabarnya ukh?”
“Ya, beginilah ukh.”
“Udah makan ukhti? Ini anna bawakan sedikit makanan, semoga bisa bermanfaat bagi ukhti.”
“Aduh repot-repot Ukhti, syukran.”
“Nggak kok Ukh. Oh ya, tadi kita juga nggak jadi ujian tengah semester, karena dosennya juga lagi ke Bandung, dan Alhamdulillah ukhti bisa ikut ujian bersama teman-teman yang lain minggu depan.”
“Alhamdulillah. Syukran Ukh atas informasinya.”
“Afwan Ukhti. Udah menjelang maghrib juga nih, anna pulang dulu ya.”
“A’fwan ya ukhti, udah ngerepotin.’
“biasa saja Ukh, udah kewajiban untuk saling memberikan informasi.. assalamu’alaikm Ukhti.”
“Wa’alaikum salam.”
Aku emang seorang manusia bertopeng yang tiba-tiba bisa terlihat seperti seorang akhwat, dan kadang juga bisa berprilaku diluar batas kemanusiaan. Kadang aku juga berfikir, siapa aku sebenarnya? Apakah aku masih pantas disebut seorang mansia? Dimana letak kemanusiaan aku? Sedangkan aku sendiri tidak percaya akan kekuasaan penciptaku.
Tiga hal luar biasa yang kutemui, tetapi tetap saja aku merasa belum yakin dengan kebesaran-Nya. Aku masih saja tetap pada pendirianku, meski udah sedikit goyah. namun bisikan syetan yang entah darimana datangnya, kembali membuatku menguatkan keyakinanku bahwa Tuhan itu nggak adil. Tuhan itu nggak peduli ama aku. Padahal aku udah berusaha untuk dengannya. Tapi Dia malah membiarkanku terlantar begini.
Ya, menyadarkan makhluk seperti aku, emang butuh kesabaran ekstra dan tekad yang bulat.

*     *     *

Siang ini saat menunggu kedatangan dosen, masuk seorang pengemis tua ke kelas kuliahku. Aku nggak begitu peduli. Aku tetap berkutat dengan novel yang lagi ku tekuni. Saat pengemis itu lagi menerima pemberian dari teman yang berada didepanku, aku mencoba menatap pengemis itu.
Pengemis tua dengan baju yang kumal, tidak terurus, jalannya juga udah nggak tegak lagi. Tetapi udah malai membungkuk dan sebelah kakinya berjalan seolah ditarik. Tiba-tiba saja aku didera kerinduan kepada sang ayah di kampung yang udah beberapa bulan ini nggak ada kujenguk. Menelfonnya pun jarang. Aku hanya menelfonnya jika ada keperluan.
Durhaka. Memang kata yang pantas untukku. Orang tuaku, entah bagaimana keadaannya, bagaimana kesusahannya untuk membiayai kuliahku yang semakin bertambah besar biayanya nggak pernah ku tahu. Tapi siang ini, aku ingin menangis, aku ingin memeluk ayah. Aku rindu ayah.
Awalnya aku berniat menelfon ayah untuk meminta kiriman karena uangku udah habis. Bayangkan aja, uang di dompetku tinggal lima ribu rupiah. Aku belum makan dari pagi. Apa yang bisa ku beli dengan uang segitu. Makanya aku mau meminta kiriman lage ama ayah.
Namun pengemis ini menyentuh hatiku. Membuatku menyadari betapa susahnya ayah bekerja banting tulang demi aku. Demi anak yang disayangnya, demi anak yang nggak peduli ama dia.
Ayah…maafkan aku. Aku udah durhaka kepadamu. Aku nggak pernah memikirkanmu. Yang kutahu selama ini hanya minta uang, minta dan minta. Aku nggak pernah ngerasain kesulitanmu, bahkan tidak pernah mau tahu.
Untuk pertama kalinya aku bersyukur kepada Allah telah mempertemukan aku dengan pengemis ini. Aku merasakan semua emang udah diatur-NYa. Hidayah yang diberikan-Nya baru pertama kali ku syukuri.
Ternyata hidayah yang kuterima hari ini nggakcuma itu. Allah membukakan pintu hatiku lewat berbagai situasi. Seperti yang kualami siang ini.
Uang ku yang tinggal lima ribu, kuputuskan buat nggak makan aja siang ini. Dan habis shalat aku langsung pergi rapat, karma hari ini aku ada rapat dengan mahasiswa administrasi pendidikan seangkatanku.
Namun rapat juga nggak sepenuhnya kuikuti, karena aku lebih tertarik dengan novelku  dibandingkan mendengarkan Iwan ketua tingkatku berceloteh. Ya kusebut aja berceloteh, karena aku nggak mengerti dengan pembahasannya. Hingga usai rapat pun aku tetap berkutat dengan novelku, meski teman-teman udah pada pergi dan aku sendirian diruangan itu.
Tetapku bertahan diruangan tersebut hingga kutuntaskan membaca novel itu. Karena aku nggak mau terus-terusan dihinggapi rasa penasaran. Akhirnya aku berhasil menyelesaikan membaca novel itu sebelum waktu ashar. Lalu aku bersegerah turun ke lantai dasar dan berencana pulang.
Melewati mading, mataku tertarik untuk membaca sebuah pengumuman yang baru ditempel beberapa saat sebelum aku lewat. Karena sebelum pergi rapat, aku nggak ada ngeliat pengumuman itu sebelumnya.
“Assalamu’alaikum dek.” Sebuah salam membuyarkan kesendirianku.
“Wa’alaikum salam kak.” Salah seorang seniorku yang aktis di forum studi islam yang biasa kami kenal dengan sebutan FORSIS.
“Lage baca apa dek?” tanyanya berbasa-basi.
“Ini kak, lagi baca-baca pengumuman aja.”
“Oh ya dek, kok nggak ada lagi hadir di acara FORSIS? Padahal kakak mengharapkan kedatangannya lho.”
“A’fwan  kak, kemaren nih lagi ada sedikit kesibukan.” Kataku beralasan, padahal sebenarnya aku malas untul ikut acara begituan. Aku udah cukup bosan dengan pengajian rutinku, apa lage kalo dengan  kegiatan FORSIS, betapa nggak asyiknya hidupku.
“Sore ini kita ada tarbiru pukul 16.00, ikut yuk.” Lagi-lagi ajakan itu. Mau nolak, aku nggak ada alasan lagi mengelak buat nggak ikut, dan mau ikut, aku juga bosan. Akhirnya aku putuskan juga buat ikut.
“iya deh kak.”
“Alhamdulillah. Shalat dulu yuk, siap itu kita langsung tarbiru aja lagi.” Acara Ta’lim biasa disebut tarbiru dalam FORSIS.

*     *     *

Dengan setengah hati kuikuti acara tarbiru ini. Ternyata acara ini asyik, menambah wawasan dan yang terpenting, aku menemukan jawaban atas kegundahan aku selama ini.
Ditarbiru aku tahu kenapa laki-laki itu memutuskan hubunganku dengannya, karena Allah nggak mau aku terjatuh pada laki-laki preman yang pasti juga nggak kan membantuku untuk dekat dengan Allah. Dan aku juga yakin Allah juga nyediakan yang jauh lebih baek dari padanya untukku. Disitu juga aku mengerti, kalo semua yang terjadi di alam ini, termasuk dihidupku, udah diatur oleh-Nya. Tempat yang awalnya kubilang tempatku terdampar, sudah di atur oleh-Nya, karena aku bisa jadi lebih baek ditempat itu.
Kebingungan buat makan malam karena nggak ada uang, akhirnya terjawab saat aku di undang makan malam di wisma, oleh senior yang kutemui sebelum acara terbiru tadi. Senior yang mengajak aku ikut tarbiru.
Aku kembali menemukan semangat keluarga baru di FORSIS ini. Aku benar-benar bersyukur udah ditemukan dengan orang-orang seperti mereka. Dan dari sini juga aku mengerti bahwa Allah nggak pernah nyia-nyiakan hambanya. Allah nggak membiarkan aku terpuruk dalam kesendirian. Disaat aku kehilangan kasih sayang dari orang tua yang jauh dari kampung, dan dari sahabat-sahabat SMA ku dulu, Allah menggantikannya dengan keluarga baruku yang ada di FORSIS, yayasan dan teman-teman jurusan yang begitu care ama aku. Malahan bersama mereka, aku jidi lebih baek dari sebelumnya.
Ya Allah, masih pantaskah aku menyebut namamu. Aku terlalu angkuh untuk sebuah pengakuan. Ampunilah hambamu ini ya Rabb. Aku bersujud kepadamu. Aku yakin, Engkau akan memberikan yang terbaik untukku dan hidupku. Kuserahkan seluruh hidupku dihadapanmu.

*     *     *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar